Cover Depo Baja Steel - Hollow Galvanis untuk pagar
4 Kelebihan Menggunakan Besi Hollow Galvanis untuk Pagar
6 January 2024
Cover Depo Baja Steel - Hollow Galvanis untuk kanopi
Besi Hollow Galvanis untuk Kanopi: Kombinasi Kekuatan dan Estetika dalam Satu Konstruksi
6 January 2024

Hollow Galvanis untuk Plafon: Keunggulan, Kekurangan, dan Cara Penggunaan

6 January 2024

Besi hollow galvanis, dengan popularitasnya sebagai bahan pilihan untuk plafon, tidak hanya terkenal karena kekokohannya tetapi juga mampu memberikan sentuhan estetis yang menakjubkan. Banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh besi hollow galvanis membuatnya menjadi pilihan yang sangat diinginkan dalam industri konstruksi, terutama untuk proyek plafon.

Artikel yang disusun oleh tim Depo Baja Steel berikut ini akan mengulas keunggulan yang dimiliki hollow galvanis, seperti ketahanan terhadap rayap, ketahanan korosi, dan ketahanan terhadap api, menjadi elemen penting yang harus diperhitungkan dalam pembuatan plafon. Bagi Anda yang berencana menggunakan besi hollow galvanis untuk plafon, memahami spesifikasinya secara menyeluruh menjadi hal yang krusial. Informasi tersebut meliputi ukuran besi hollow, keunggulan dan kekurangan yang dimilikinya, serta tata cara pemasangan dan perawatan yang optimal. Dalam melanjutkan pembahasan ini, mari kita telusuri dengan mendalam di bawah panduan yang disediakan oleh Depo Baja Steel!

Keunggulan Hollow Galvanis untuk Plafon

Sebelum mengetahui ukuran besi hollow untuk plafon, alangkah lebih baiknya jika Anda memahami keunggulan hollow besi galvanis terlebih dahulu. Beberapa keunggulan yang dimiliki hollow galvanis yaitu:

1. Anti Rayap

Besi hollow galvanis menjadi solusi ideal untuk penggunaan jangka panjang karena terdiri dari lapisan zinc yang membuatnya tidak menarik bagi rayap. Hal ini mengeliminasi risiko kerusakan akibat serangan rayap, sehingga plafon dapat bertahan lebih lama dengan performa optimal.

Baca juga:   Kelebihan Hollow Galvanis untuk Jendela

2. Tahan Karat

Keunggulan lainnya terletak pada kemampuan besi hollow galvanis untuk tahan terhadap korosi. Lapisan seng yang hadir pada permukaannya bereaksi dengan oksigen dan air, membentuk perlindungan yang kuat terhadap karat. Sehingga, plafon tetap terjaga keindahannya dan memiliki daya tahan yang luar biasa.

3. Tahan Api

Ketahanan terhadap suhu tinggi adalah ciri khas besi hollow galvanis. Lapisan galvanisnya akan bertindak sebagai perisai, melindungi besi di bawahnya dengan menahan suhu tinggi sebelum mencapai titik leleh. Hal ini membuatnya ideal untuk aplikasi di area yang rentan terhadap panas.

4. Tahan Cuaca

Daya tahan terhadap perubahan suhu drastis menjadi keunggulan signifikan. Lapisan galvanis mampu melindungi besi hollow dari kerusakan yang dapat disebabkan oleh fluktuasi cuaca ekstrem. Sehingga, plafon tetap kokoh dan estetis dalam berbagai kondisi iklim.

5. Fleksibel

Kemampuan besi hollow galvanis untuk dengan mudah dibentuk dan dipotong sesuai dengan kebutuhan desain plafon memberikan fleksibilitas yang tinggi. Ini memungkinkan penciptaan plafon dengan desain yang unik dan sesuai dengan preferensi estetika Anda.

6. Kuat

Keandalan besi hollow dalam menopang rangka plafon tidak diragukan lagi. Dengan kemampuan menopang beban secara seimbang, besi hollow galvanis menjadi pilihan utama untuk memastikan struktur plafon yang kokoh dan tahan lama.

7. Ringan

Meskipun memiliki kekuatan yang luar biasa, besi hollow galvanis memiliki bobot yang ringan. Ini tidak hanya memudahkan proses instalasi, tetapi juga mengurangi beban struktural pada bangunan secara keseluruhan.

8. Kualitas Lebih Baik dari Kayu

Dibandingkan dengan kayu, besi hollow galvanis menawarkan daya tahan yang lebih baik karena tidak rentan terhadap pelapukan. Hal ini menjadikannya alternatif yang lebih tahan lama dan hemat biaya dalam jangka panjang.

Baca juga:   Kupas Tuntas Perbedaan Hollow Galvanis dan Baja Ringan dalam Konstruksi

Kekurangan Hollow Galvanis untuk Plafon

Meskipun besi hollow galvanis menonjol dengan berbagai keunggulan yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak dapat dipungkiri bahwa material ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum penggunaannya dalam proyek plafon. Berikut adalah ekspansi dari kekurangan-kekurangan tersebut:

1. Struktur material tidak solid

Sifat berongga besi hollow galvanis, meskipun memberikan kelebihan dalam hal fleksibilitas dan ringan, membuatnya kurang sesuai untuk proyek konstruksi yang melibatkan beban berat. Struktur yang tidak solid dapat mengurangi daya dukungnya, sehingga tidak cocok untuk aplikasi yang memerlukan kekuatan tambahan.

2. Perlu pengaplikasian cat berulang kali

Keperluan untuk mengaplikasikan cat minyak khusus secara berkala adalah kekurangan yang perlu diperhatikan. Meskipun proses perawatan relatif mudah, namun membutuhkan konsistensi agar kekuatan dan tampilan estetis besi hollow tetap terjaga. Ini dapat menambah beban pekerjaan pemeliharaan secara keseluruhan.

3. Kurang cocok untuk pembuatan pagar dan railing tangga

Dalam proyek-proyek yang menekankan keamanan, seperti pembuatan pagar dan railing tangga, besi hollow galvanis tidak direkomendasikan. Faktor struktur berongga membuatnya kurang dapat diandalkan untuk memenuhi standar keamanan yang tinggi, sehingga pilihan material lain mungkin lebih sesuai.

4. Lebih rentan terhadap goresan

Permukaan besi hollow galvanis lebih rentan terhadap goresan jika tidak dirawat dengan baik. Hal ini dapat mengurangi penampilan estetis plafon dan memerlukan perhatian ekstra dalam penggunaan sehari-hari.

5. Tidak tahan terhadap semen

Sifat galvanis yang tidak sepenuhnya kompatibel dengan semen menjadi kelemahan yang signifikan. Ini dapat menyebabkan kurangnya ikatan yang kuat antara besi hollow galvanis dan semen, mengakibatkan kekurangan kekuatan pada struktur konstruksi secara keseluruhan. Sehingga, pemilihan material yang lebih cocok untuk penggunaan bersama dengan semen dapat menjadi pertimbangan yang lebih baik.

Baca juga:   6 Perbedaan Hollow Galvanis dan Galvalum

Cara Menghitung Hollow Galvanis untuk Plafon

Tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata, cara menghitung berapa jumlah batang besi hollow untuk plafon cukup mudah. Berikut tahapannya:

1. Hitung ukuran ruangan yang akan dipasang plafon

Gunakan alat pengukur untuk menentukan panjang dan lebar ruangan secara akurat.

2. Ubah ukuran ruangan ke dalam satuan cm

Jika ukuran awal ruangan masih dalam satuan meter, maka ubahlah ke sentimeter untuk melakukan perhitungan yang lebih presisi. 

3. Bagi ukuran ruangan dengan panjang per 60 cm

Setelah ukuran ruangan diubah dalam satuan cm, bagi dengan 60 cm untuk menentukan jumlah batang besi hollow galvanis yang diperlukan.

4. Hitung panjang per batang hollow

Jika Anda ingin menggunakan besi hollow untuk plafon, terdapat beberapa aspek yang tak boleh terlewat dalam penghitungan seperti mengenai konfigurasi rangka plafon, rangka gantung serta cross hollow. 

Untuk konfigurasi, tergantung pada ukuran rangka plafon yang digunakan namun umumnya dipasang setiap 60 x 120 cm.

Jarak antar rangka juga dipengaruhi oleh ketebalan hollow. Untuk ketebalan 0,25–0,30 mm, jarak antar-rangka yang ideal adalah 60 cm x 60 cm. Sementara itu, untuk hollow dengan ketebalan 0,30–0,35 mm, jarak antar-rangka yang ideal adalah 60 cm x 80 cm.

Untuk mempermudah penghitungan, berikut simulasi penghitungan jumlah hollow yang dibutuhkan untuk ruangan berukuran 3 x 4 meter:

  • Sisi 3 meter = 300 cm : 60 cm = 5 batang sepanjang 4 meter
  • Sisi 4 meter = 4 batang sepanjang 3 meter yang dipasang tiap 120 cm
  • Rangka gantung ( wall angle ) menyesuaikan dengan ketinggian plafon dari batas atap, namun untuk ruangan 3 x 4 ( keliling 14 meter ) umumnya butuh 3,5 batang
  • Cross hollow untuk luas ruangan 3 x 4 umumnya butuh 2 batang

Jadi jika ditotal : 5 + 4 + 3,5 + 2 = 14,5 batang hollow yang diperlukan.

Kesimpulan

Tak dapat dipungkiri, besi hollow galvanis menawarkan banyak sekali keunggulan, mulai dari segi ketahanan, fleksibilitas, hingga kualitas. Namun tentu, dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, Anda dapat menyesuaikan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan konstruksi bangunan Anda.

Di samping itu, ukuran hollow galvanis yang tepat tentunya sangat penting untuk diperhatikan sebelum membuat plafon. Maka dari itu, Anda harus mengetahuinya dengan benar agar nantinya proses pemasangan plafon dapat berjalan lancar. Tak semua produk berkualitas sama, jika Anda sedang mencari besi hollow galvanis dengan kualitas terbaik dan jaminan SNI, pastikan hanya membelinya di Depo Baja Steel. Bukan hanya berkualitas tinggi, hollow galvanis di Depo Baja Steel juga ditawarkan dengan harga bersaing yang menarik. Dapatkan hollow galvanis di Depo Baja Steel sekarang juga dan buktikan keunggulannya!