Cover Depo Baja Steel - Hollow Galvanis untuk Plafon
Hollow Galvanis untuk Plafon: Keunggulan, Kekurangan, dan Cara Penggunaan
6 January 2024
Cover Depo Baja Steel - perbedaan hollow galvanis dan hollow galvalum
6 Perbedaan Hollow Galvanis dan Galvalum
9 January 2024

Besi Hollow Galvanis untuk Kanopi: Kombinasi Kekuatan dan Estetika dalam Satu Konstruksi

6 January 2024

Depo Baja Steel – Salah satu material yang banyak digunakan untuk proyek konstruksi adalah besi hollow galvanis. Hal ini dikarenakan jenis besi ini memiliki banyak keunggulan dan membuatnya diminati banyak pihak. Ingin tahu lebih lanjut mengenai pengaplikasian besi hollow galvanis untuk bagian kanopi? Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Besi hollow galvanis merupakan salah satu bahan material yang memiliki banyak keunggulan. Hal inilah yang membuat jenis besi ini diminati banyak orang. Di dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai informasi mengenai hollow galvanis untuk kanopi, seperti keunggulannya, ukuran besi hollow galvanis, hingga cara menghitung kebutuhannya.

Namun, sebelum Anda menyelam lebih dalam untuk menemukan berbagai macam informasi tentang hollow galvanis, Anda perlu memahami definisi dari besi hollow galvanis itu sendiri. Besi hollow galvanis merupakan besi dengan unsur coating zinc sejumlah 97%, coating aluminium dengan jumlah 1%, dan beberapa campuran unsur bahan lain.

Galvanis merupakan jenis besi hollow untuk kanopi yang paling direkomendasikan. Besi ini juga direkomendasikan untuk bahan utama konstruksi lain, seperti pagar, teras, dan berbagai macam konstruksi lainnya. Namun, Anda tetap harus memperhatikan tempat pembelian besi tersebut dan pastikan mendapatkannya di penyedia terbaik, seperti Depo Baja Steel.

Kelebihan Menggunakan Besi Hollow Galvanis untuk Kanopi

  1. Daya Tahan Terhadap Korosi

Salah satu keunggulan paling menonjol dari penggunaan besi hollow galvanis untuk kanopi adalah daya tahan yang luar biasa terhadap korosi. Baja ringan ini diperkaya dengan lapisan coating zinc dan aluminium dalam proporsi yang tepat (97% zinc, 1% aluminium), menciptakan barier efektif yang melindungi besi dari serangan korosi. Dengan demikian, kanopi yang terbuat dari besi hollow galvanis dapat bertahan lebih lama, bebas dari karat, dan tetap mempertahankan keindahan estetika selama masa pakai yang panjang.

  1. Kuat dan Memiliki Daya Tahan Tinggi
Baca juga:   Kelebihan Hollow Galvanis untuk Jendela

Kelebihan lain yang membuat besi hollow galvanis menjadi pilihan unggul untuk kanopi adalah kekuatannya yang superior dan daya tahan tinggi terhadap berbagai faktor lingkungan. Tidak hanya mampu menahan korosi, besi hollow galvanis juga menunjukkan ketangguhan terhadap serangan rayap, suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh rangka kayu. Selain itu, material ini memiliki kemampuan luar biasa untuk meredam panas, menciptakan lingkungan yang nyaman di bawah kanopi. Dengan besi hollow galvanis, Anda tidak perlu khawatir tentang deformasi atau kerusakan akibat ekstrem suhu.

  1. Fleksibel

Fleksibilitas adalah ciri khas besi hollow galvanis yang dijual di pasaran, terutama yang ditawarkan oleh penyedia terpercaya seperti Depo Baja Steel. Kualitas unggulan besi ini memastikan bahwa Anda dapat mengaplikasikannya dengan mudah dan sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda. Dengan kemampuan adaptasi yang tinggi, besi hollow galvanis dapat digunakan untuk berbagai desain kanopi, menyesuaikan diri dengan kebutuhan estetika dan fungsionalitas bangunan Anda.

  1. Tersedia dalam Berbagai Ukuran

Keunggulan lainnya yang membuat besi hollow galvanis menjadi pilihan ideal adalah ketersediaannya dalam berbagai ukuran. Ini memberikan fleksibilitas lebih lanjut dalam memilih besi hollow yang sesuai dengan kebutuhan proyek konstruksi Anda. Dengan beragam ukuran yang dapat disesuaikan dengan persediaan di toko, Anda dapat memastikan bahwa besi hollow galvanis yang Anda pilih memenuhi standar dan spesifikasi proyek dengan sempurna.

  1. Mudah Perawatan

Perawatan yang mudah menjadi nilai tambah besar bagi pengguna besi hollow galvanis dalam pembangunan kanopi. Jenis besi ini tidak hanya tahan lama, tetapi juga memerlukan perawatan minimal. Lapisan coating zinc dan aluminium membuatnya resisten terhadap faktor-faktor yang dapat merusak, dan Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus tertentu. Hollow galvanis tetap awet dengan pemeliharaan sederhana, memberikan kepraktisan yang berharga bagi pemilik rumah.

Baca juga:   6 Perbedaan Hollow Galvanis dan Galvalum

Dengan kombinasi daya tahan terhadap korosi, kekuatan, fleksibilitas, ketersediaan ukuran, dan kemudahan perawatan, besi hollow galvanis menjadi pilihan yang cerdas dan andal untuk membangun kanopi yang kokoh dan estetis. Depo Baja Steel sebagai penyedia terkemuka memberikan jaminan kualitas untuk memastikan keberhasilan proyek konstruksi Anda.

Ukuran Besi Hollow Galvanis yang Biasa Digunakan untuk Kanopi

Setelah memahami keunggulan dan definisi besi hollow galvanis, penting untuk mengenali berbagai ukuran yang umum digunakan dalam pembangunan kanopi. Pemilihan ukuran yang tepat sangat krusial untuk memastikan kekuatan dan daya tahan konstruksi kanopi. Berikut adalah beberapa ukuran besi hollow galvanis yang sering digunakan untuk kanopi:

1. 100 x 50 (dengan ketebalan sekitar 3-4 mm)

Ukuran 100 x 50 mm dengan ketebalan sekitar 3-4 mm seringkali menjadi pilihan utama untuk konstruksi kanopi. Dimensi ini memberikan kombinasi yang seimbang antara kekuatan struktural dan daya tahan, menjadikannya cocok untuk kanopi dengan rentang lebar dan panjang yang sedang. Keunggulan ini membuatnya menjadi pilihan populer di antara para kontraktor dan arsitek yang mengutamakan keseimbangan antara kekuatan konstruksi dan estetika.

2. 40 x 40

Ukuran 40 x 40 mm merupakan pilihan yang baik untuk kanopi dengan dimensi yang lebih kecil atau proyek dengan kebutuhan struktural yang lebih ringan. Meskipun lebih kecil dari pilihan sebelumnya, besi hollow dengan ukuran ini tetap memberikan kekuatan yang memadai untuk menopang kanopi dengan stabil dan tahan lama.

3. 40 x 60

Ukuran 40 x 60 mm menawarkan alternatif yang lebih panjang dan sedikit lebih lebar. Ini cocok untuk kanopi dengan desain yang memerlukan penyangga horizontal yang lebih besar atau untuk menanggapi beban tertentu. Ukuran ini memungkinkan lebih banyak variasi dalam desain kanopi, memberikan fleksibilitas tambahan dalam perencanaan proyek konstruksi.

Baca juga:   Hollow Galvanis untuk Plafon: Keunggulan, Kekurangan, dan Cara Penggunaan

4. 40 x 80

Ukuran 40 x 80 mm memberikan dimensi yang lebih besar, ideal untuk kanopi dengan lebar yang signifikan atau untuk proyek-proyek yang memerlukan penyangga yang lebih kuat. Besi hollow dengan ukuran ini dapat memberikan kekuatan ekstra untuk menopang kanopi dengan rentang yang lebih besar, menjadikannya pilihan ideal untuk proyek-proyek skala besar yang membutuhkan ketahanan struktural yang optimal.

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Hollow Galvanis untuk Kanopi

  1. Ukur Lebar dan Panjang Kanopi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan informasi kebutuhan besi hollow galvanis untuk konstruksi kanopi di rumah Anda adalah dengan mengukur luas kanopi terlebih dahulu. Ukurlah lebar dan panjang kanopi dengan tepat agar kebutuhan besinya dapat ditentukan dengan baik.

  1. Tambahkan 15 cm di Bagian Kanan dan Kiri Lebar Kanopi

Setelah mendapatkan ukuran yang sesuai, Anda dapat menambahkan 15 cm di bagian sebelah kanan dan kiri kanopi.

  1. Tambahkan Spasi Atau Jarak 50 cm di Bagian Depan

Setelah menambahkan 15 cm di bagian kanan dan kiri, Anda juga perlu menambahkan jarak atau spasi sejauh 50 cm di bagian depan.

  1. Gunakan Besi Hollow dengan Ukuran 100 x 50 mm dan Ketebalan 3-4 mm

Anda mungkin bingung menentukan ukuran hollow galvanis untuk proyek kanopi Anda. Anda dapat menggunakan besi hollow yang memiliki ukuran 100 x 50 mm dengan ketebalan sekitar 3-4 mm.

  1. Gunakan Jenis Besi Hollow Hitam

Setelah menghitung kebutuhan besi untuk kanopi dengan tepat, Anda juga perlu memilih jenis besi hollow yang sesuai. Anda dapat menggunakan besi hollow hitam dengan ciri khas permukaannya berwarna hitam keabu-abuan. Hal ini dikarenakan jenis besi ini dinilai lebih kuat dan tebal.

Kesimpulan

Anda dapat menggunakan hollow galvanis untuk kanopi karena tahan korosi, kuat, fleksibel, mudah dirawat, dan memiliki banyak ukuran. Selain itu, Anda bisa mengikuti tahap penghitungan kebutuhan besi di atas. Bikin kanopi dengan hollow galvanis dari Depo Baja Steel biar konstruksi kokoh dan tahan lama!