Cover Depo Baja Steel - bondek untuk dinding
Mengenal Penggunaan Bondek untuk Dinding dari Kelebihan Hingga Tips Perawatan
19 January 2024
Cover Depo Baja Steel - bondek untuk dak beton
Kelebihan, Tips Memilih dan Cara Memasang Bondek Dak Beton yang Benar
19 January 2024

Perbedaan Bondek dan Spandek yang Perlu Diketahui

19 January 2024

Dalam konstruksi, ada berbagai macam material yang digunakan oleh para pekerja dan pengawas proyek konstruksi. Beberapa di antaranya adalah bondek dan spandek. Bondek dan spandek sering digunakan di dalam suatu proyek atau konstruksi. Namun, apa saja perbedaan antara keduanya? Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Bondek dan spandek merupakan bahan yang sering digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Jika Anda masih merasa bingung dengan perbedaan keduanya, baik dari segi bahan maupun fungsinya, Anda dapat membaca artikel ini sampai akhir untuk tahu informasi lengkap mengenai perbedaan bondek dan spandek dalam berbagai aspek.

Perbedaan Bondek dan Spandek

1. Menurut Bahannya

Salah satu perbedaan spandek dan bondek adalah bahan atau material yang digunakan dalam proses pembuatannya. Bondek adalah plat baja yang dilapisi dengan galvanis. Lapisan galvanis tersebut memiliki fungsi khusus yang menjamin bondek tidak mudah mengalami korosi.

Sementara itu, spandek adalah atap baja ringan yang terbuat dari campuran aluminium, seng, dan silikon. Pada umumnya, perbandingan komposisi yang terkandung di dalam spandek yakni 55% aluminium, 43% seng, dan 2% silikon.

2. Fungsi

Bondek umumnya digunakan sebagai bekisting lantai dan material dasar suatu bangunan. Bondek juga digunakan untuk membuat lantai, anak tangga, dan tulangan positif yang sarah. Sementara itu, spandek umumnya digunakan sebagai atap bangunan, baik bangunan kecil ataupun bangunan yang besar. Spandek digunakan untuk melindungi bagian atas bangunan.

3. Tebal & Sifat

Bondek terbuat dari baja yang lebih tebal dan kuat. Anda dapat menemukan bondek dengan beragam ketebalan mulai dari 0,75mm hingga 1mm. Beragam bondek dengan ketebalan yang variatif tersebut dapat Anda temukan di Depo Baja Steel.

Baca juga:   Kelebihan, Tips Memilih dan Cara Memasang Bondek Dak Beton yang Benar

Satu catatan yang perlu Anda terapkan saat mengaplikasikan bondek untuk bahan bangunan Anda adalah Anda perlu memastikan bahwa material bondek terpasang dengan baik. Hal ini bertujuan agar hasilnya dapat memuaskan dan tidak banyak membuang sisa material.

Material spandek terbuat dari baja ringan yang lebih tipis dan ringan. Karena sifat materialnya yang ringan dan lebih tipis, spandek dinilai lebih mudah untuk dibentuk sehingga memudahkan proses konstruksi.

4. Bentuk

Meskipun secara fisik, tidak terdapat banyak perbedaan bondek dan spandek. Namun, Anda tetap dapat menjumpai perbedaan, yakni bondek memiliki bentuk bergelombang yang kuat. Sementara itu, spandek memiliki bentuk datar atau bergelombang. Jika Anda tidak jeli saat melihat-lihat material di toko bangunan, Anda mungkin mengira dua material ini sama.

Bentuk spandek yang datar menguntungkan Anda yang ingin berkreasi dengan bangunan Anda. Bentuknya yang datar tersebut membuat permukaannya mudah dicat. Hal inilah yang membuat spandek cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan desain pada atap arsitektural untuk meningkatkan nilai estetika.

Perbedaan bondek dan spandek yang mungkin membuat Anda bingung tersebut membuat Anda perlu menanyakan detail setiap material yang akan dibeli kepada pihak toko bangunan yang Anda tentukan. Pilihlah toko bangunan dengan pelayanan yang ramah dan optimal, seperti Depo Baja Steel, agar setiap pertanyaan Anda dapat terjawab dengan baik.

5. Ketahanan

Secara garis besar, baik bondek maupun spandek memiliki daya tahan yang sama-sama baik. Hal ini dikarenakan bondek dan spandek pada dasarnya memiliki sifat bahan material baja ringan yang bisa tahan terhadap berbagai hal, seperti api dan panas. Keduanya pun menawarkan ketahanan yang sangat baik dan bisa kuat dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga:   Kelebihan Bondek untuk Atap Rumah Anda

Namun, jika Anda menginginkan perbedaan yang lebih mendetail, Anda dapat memahaminya di sini. Secara umum, material bondek dinilai lebih tahan terhadap karat dan beban. Lapisan galvanis yang ada di bondek membuatnya tahan terhadap api dengan baik. Sementara itu, spandek memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap perubahan cuaca.

6. Harga

Selain bahan, fungsi, hingga ketahanan bahan yang perlu dipertimbangkan, Anda tentunya mempertimbangkan biaya dari setiap material yang akan dipilih. Secara umum, bondek lebih mahal daripada spandek. Hal ini dikarenakan bahan bondek cenderung lebih awet, tahan lama, dan proses pengerjaannya pun dapat berlangsung dengan cepat dan hasilnya rapi.

Kesimpulan

Sekilas, bondek dan spandek mirip dari segi fisiknya. Namun, bondek dan spandek memiliki perbedaan tertentu yang perlu Anda pahami dengan baik agar bisa memilih bahan yang sesuai kebutuhan konstruksi Anda. Perbedaan bondek dan spandek ada dari segi bahannya, fungsi, ketebalan, sifatnya, bentuk bahan, ketahanan bahan, dan harga setiap materialnya.Jika Anda masih bingung menentukan material, Anda dapat mengunjungi Depo Baja Steel untuk mengetahui informasi lebih rincinya. Anda dapat menanyakan perihal bondek dan spandek, seperti ukuran bondek yang sesuai, ketebalan spandek, dan berbagai pertanyaan lainnya. Yuk, tentukan pilihan Anda dan COD bondek di Depo Baja Steel sekarang juga!