Cover Depo Baja Steel - besi cnp untuk atap
Inilah Keunggulan Besi CNP untuk Atap Rumah
19 January 2024

Ukuran Besi CNP untuk Atap Rumah Idaman Anda

19 January 2024

Besi CNP merupakan salah satu jenis material yang biasa digunakan untuk membangun atap rumah. Jika Anda sedang berencana membangun atap rumah menggunakan besi CNP dan masih mengalami kebingungan terhadap informasi mengenai besi CNP, Anda berada di artikel yang tepat. Simak sampai akhir untuk tahu informasi lengkapnya, ya!

Untuk menjawab kegelisahan Anda, artikel ini hadir dan menjelaskan beberapa hal mengenai besi CNP. Melalui penjelasan di artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai ukuran besi CNP yang biasa digunakan untuk membangun atap rumah, faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan ukurannya, hingga cara menghitung kebutuhan besi CNP.

Sebelum Anda memahami lebih dalam tentang topik-topik tersebut, Anda perlu memahami apa itu besi CNP terlebih dahulu. Besi kanal CNP merupakan besi kanal yang berbentuk seperti huruf “C”. Besi ini biasa digunakan di bidang industri, konstruksi, dan otomotif. Pada umumnya, panjang besi CNP ini dapat mencapai enam meter.

Besi kanal CNP dapat digunakan untuk berbagai macam hal dan kebutuhan di proyek. Fungsi pertama adalah sebagai penutup dinding. Fungsi berikutnya adalah sebagai rangka atap. Fungsi kedua ini umum digunakan di bidang konstruksi maupun industri sehingga sudah banyak pihak yang mengenal besi CNP untuk pemanfaatan yang ini.

Besi kanal CNP digunakan sebagai purlin. Purlin merupakan balok dudukan untuk penutup atap. Pada umumnya, purlin terbuat dari bahan besi kanal CNP karena dinilai kokoh dan bisa menopang beban berat di atasnya. Besi kanal CNP juga dapat digunakan sebagai bahan material pagar, lho. Pada umumnya, besi ini digunakan untuk membuat pagar yang tinggi.

Baca juga:   Kelebihan Bondek untuk Atap Rumah Anda

Ukuran Besi CNP yang Biasa Digunakan untuk Atap Rumah

Ukuran besi CNP yang umum digunakan untuk rangka atap rumah adalah CNP 75, 100, 125, 150, dan 200. Ukuran yang telah dijelaskan tersebut mengacu pada dimensi penampang besi CNP, yaitu tinggi dan lebar besi. Anda perlu menyesuaikan kebutuhan dengan beragam ukuran besi CNP untuk atap rumah.

Selain memastikan kebutuhan dan ukuran besi kanal CNP sesuai, Anda juga perlu memastikan bahwa besi CNP yang Anda pilih memiliki kualitas yang baik. Anda dapat memperoleh besi CNP di penyedia bahan material unggulan, seperti Depo Baja Steel. Hal ini akan membantu Anda memastikan kualitas bangunan di akhir konstruksi.

Jika Anda mengalami kebingungan terkait penentuan ukuran besi CNP yang sesuai, Anda dapat berdiskusi dengan kontraktor dan penyedia besi CNP tersebut. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam penentuan besi kanal CNP yang tepat.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Ukuran Besi CNP untuk Atap Rumah

  1. Beban Atap

Faktor pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih ukuran besi CNP yang pas adalah beban atap. Jika atap bangunan Anda memiliki beban yang tinggi, Anda perlu menyesuaikan ukurannya agar beban yang ditopangnya dapat maksimal. Pada umumnya, semakin besar beban, semakin besar pula ukuran besi CNP yang diperlukan.

  1. Jenis Penutup Atap

Faktor berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah jenis penutup atap yang akan digunakan dalam bangunan yang sedang dikerjakan. Anda perlu berkoordinasi dengan pihak kontraktor untuk menemukan jenis penutup atap yang tepat.

  1. Jarak Antar Kuda-kuda

Jarak antar kuda-kuda juga perlu dihitung dengan baik karena mempengaruhi jumlah besi yang diperlukan. Tergantung pada kebutuhan struktural dan beban atap, jarak tersebut biasanya antara 60-120 cm.

  1. Bentuk Atap
Baca juga:   Inilah Keunggulan Besi CNP untuk Atap Rumah

Bentuk atap juga mempengaruhi pemilihan ukuran besi CNP untuk atap rumah. Anda perlu menentukan bentuk atap yang sesuai agar besi yang dipilih tidak salah ukuran.

Cara Menghitung Kebutuhan Besi CNP untuk Atap Rumah

Untuk menghitung kebutuhan besi CNP untuk atap rumah, Anda dapat membagi luas atap dengan jarak antar CNP. Jika telah dihitung, Anda dapat menghitung hasilnya kemudian dibulatkan ke atas untuk mengakomodasi kebutuhan struktural. 

Sebagai contoh, jika luas atap adalah 120 m² dan jarak antar CNP adalah 1 meter, maka jumlah CNP yang diperlukan adalah 120 buah. Anda dapat menerapkan rumus penghitungan tersebut ke kebutuhan proyek atau konstruksi Anda.

Kesimpulan

Setelah membaca dan memahami isi artikel ini, Anda dapat segera menentukan ukuran besi yang cocok untuk atap rumah Anda. Anda dapat mempertimbangkan fungsinya, ukurannya, faktor yang mempengaruhi penghitungan ukuran besi CNP untuk atap di rumah Anda, hingga mengaplikasikan cara penghitungan kebutuhan besi CNP untuk atap rumah dengan baik.Setelah mendapatkan penghitungan kebutuhan besi CNP yang sesuai, Anda dapat langsung mengunjungi atau menghubungi penyedia besi CNP berkualitas, seperti di Depo Baja Steel. Anda dapat berkonsultasi dengan Depo Baja Steel untuk menentukan ukuran dan kualitas besi kanal CNP terbaik. Yuk, COD besi CNP di Depo Baja Steel sekarang juga!