Cover Depo Baja Steel - bondek lantai cor
Bondek Lantai Cor: Keunggulan, Jenis, dan Langkah Pemasangannya
19 January 2024
Cover Depo Baja Steel - bondek untuk dinding
Mengenal Penggunaan Bondek untuk Dinding dari Kelebihan Hingga Tips Perawatan
19 January 2024

Kelebihan Bondek untuk Atap Rumah Anda

19 January 2024

Kuat dan kokoh, bondek menjadi pilihan bahan utama yang bisa digunakan untuk membangun atap rumah. Selain itu, masih ada banyak keunggulan lain yang dimiliki oleh bondek ini. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan bondek untuk atap rumah, Anda berada di artikel yang tepat. Baca artikel ini sampai akhir untuk tahu informasi lengkapnya!

Pendahuluan

Bondek merupakan material bangunan yang terbuat dari baja ringan. Bahan material ini seringkali digunakan untuk atap rumah karena memiliki banyak kelebihan. Artikel ini membahas kelebihan dan cara pemasangan bondek untuk atap rumah. Setelah membaca sampai akhir, Anda akan mudah menentukan bondek berkualitas yang sesuai kebutuhan.

Sebelum memahami kelebihan dan cara pemasangan bondek untuk pembangunan atap rumah Anda, Anda perlu memahami definisi singkat dari bondek tersebut. Bondek termasuk ke dalam kategori baja ringan dan terbuat dari galvanis ataupun aluminium yang membentuk lembaran yang memiliki permukaan bergelombang.

Bondek atau floordeck dapat menghadirkan kekuatan yang solid sehingga sering digunakan sebagai material utama dalam proses pembuatan atap di bangunan. Bondek memiliki peran sebagai alternatif triplek dan sebagai tulangan positif dalam struktur beton. Sangat multifungsi bukan?

Kelebihan Bondek untuk Atap Rumah

a. Kuat dan Kokoh. 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bondek terbuat dari baja ringan yang memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi. Hal ini membuat bondek cocok digunakan untuk atap rumah yang memiliki beban berat, seperti atap rumah dengan banyak genteng atau atap rumah yang digunakan untuk aktivitas lain, seperti atap garasi atau atap balkon.

Baca juga:   Perbedaan Bondek dan Spandek yang Perlu Diketahui

b. Hemat Biaya 

Keunggulan yang menggiurkan lain yang dapat ditawarkan oleh bondek adalah dapat menekan biaya. Bondek memiliki bobot yang ringan sehingga dapat menghemat biaya konstruksi. Meskipun bondek terasa ringan, konstruksi bondek sangat kuat. Selain itu, bondek juga dapat menghemat biaya bahan bangunan, seperti semen dan pasir.

c. Praktis dan Efisien

Konstruksi material bondek dinilai praktis dan efisien karena bondek mudah dipasang dan tidak memerlukan banyak tenaga kerja. Hal ini membuat pemasangan bondek lebih praktis dan efisien dibandingkan dengan pemasangan atap konvensional. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pembayaran tenaga kerja ekstra.

d. Tahan Lama

Bahan bondek memiliki daya tahan yang lama dan tidak mudah rusak oleh cuaca. Hal ini membuat bondek cocok digunakan untuk atap rumah yang membutuhkan perawatan minimal. Bondek berkualitas, seperti yang ditawarkan oleh Depo Baja Steel, juga memiliki keunggulan tambahan, seperti anti karat sehingga cocok untuk pembangunan atap rumah Anda.

Cara Menghitung Kebutuhan Bondek

Anda perlu mengetahui luas atap rumah dan ukuran bondek yang akan digunakan untuk menghitung kebutuhan bondek untuk atap rumah. Rumus untuk menghitung kebutuhan bondek adalah sebagai berikut:

Kebutuhan bondek = Luas atap / Luas bondek

Misalnya, atap rumah Anda memiliki luas 100 meter persegi dan Anda menggunakan bondek dengan ukuran 1 meter x 2 meter. Maka, kebutuhan bondek Anda adalah sebagai berikut:

Kebutuhan bondek = 100 meter persegi / 1 meter x 2 meter = 50 meter persegi.

Langkah-langkah Memasang Bondek

Sebelum mengikuti langkah-langkah pemasangan bondek di bawah ini, Anda perlu memastikan satu hal dasar terpenuhi, yakni bondek berkualitas tinggi. Jika Anda bingung di mana membeli bondek yang bagus, Anda dapat memilih Depo Baja Steel sebagai rujukan utama. Lalu, segera melakukan cara-cara pemasangannya di bawah ini.

Baca juga:   Mengenal Penggunaan Bondek untuk Dinding dari Kelebihan Hingga Tips Perawatan

1. Pengukuran Luas Atap Rumah

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memasang bondek adalah mengukur luas atap rumah dan menentukan posisi pemasangan bondek. Pastikan Anda telah mendapatkan ukuran pasti luas atap rumah yang akan dipasangi bondek. Anda juga perlu menentukan posisi pemasangan bondek dengan baik untuk memudahkan proses konstruksi.

2. Pemasangan Hollow

Hollow digunakan sebagai rangka untuk menahan bondek. Hollow dipasang dengan jarak 1 meter. Pastikan hollow dipasang dengan posisi rata untuk menghindari bondek yang miring saat proses pemasangan berlangsung.

3. Pemasangan Bondek

Bondek dipasang di atas hollow dengan menggunakan sekrup. Perhatikan juga posisi bondek yang dipasang. Pastikan bondek yang dipasang tidak terbalik antara bagian yang atas dengan bagian bawahnya.

4. Pengecoran

Langkah terakhir yang perlu dilakukan untuk pemasangan bondek adalah pengecoran. Bondek perlu dicor dengan beton. Anda dapat melakukan proses pengecoran di atasnya dengan cara menuangkan coran dengan perlahan dan rapi di bagian atas bonde.

Kesimpulan

Bondek adalah material yang baik untuk atap rumah karena kuat, kokoh, hemat biaya, praktis, tahan lama, dan efisien. Anda dapat menentukan kebutuhan bondek dengan membagi antara luas atap dengan ukuran bondek (luasnya). Jika sudah menemukan bondek yang sesuai kriteria, Anda dapat langsung mempraktikkan empat langkah pemasangan bondek di atas.Untuk menjawab kebingungan Anda dalam memilih bondek yang sesuai kriteria, Anda dapat mempertimbangkan untuk memperoleh bondek Anda di Depo Baja Steel. Depo Baja Steel menawarkan bondek dengan kualitas premium dengan harga bersaing. Maksimalkan konstruksi atap rumah Anda dengan COD bondek di Depo Baja Steel sekarang!